13 Februari, 2009

Lokasi Perkantoran Pidie Jaya di Cot Trieng

Meureudu Harian Aceh—Perdebatan soal lokasi perkantoran pemerintah Kabupaten Pidie Jaya usai sudah. Eksekutif dan legislatif di Kabupaten pemekaran tersebut menyetujui wilayah Cot Trieng yang berada di Gampong Manyang Lancok, Meureudu sebagai lokasi pemerintahan Pidie Jaya. Lokasi tersebut berada sekitar 700 meter dari badan jalan lintas Sumatera.
Bupati Pidie Jaya, M Gade Salam dalam kunjungan ke lokasi tersebut, mengatakan, pemilihan Cot Trieng sebagai pusat pemerintahan berdasarkan musyawarah antara pihak eksekutif dan legislatif serta dukungan dari semua elemen masyarakat. “Ini adalah hasil kesepakatan bersama memilih Cot Trieng sebagai pusat pemerintahan, mengingat lokasi tersebut memiliki lahan yang luas dan dapat dikembangkan di masa mendatang,” kata Gade Salam di lokasi usai melakukan peninjauan.
Sementara Ketua DPRK Pidie Jaya, Sulaiman Ari, mengatakan, lokasi yang diusulkan di Rungkom tidak disetujui dewan karena letaknya lebih jauh sekitar dua kilometer dibandingkan dengan Cot Trieng yang hanya berjarak 700 meter dengan jalan negara.
“Selain persoalan tersebut, kami juga harus memegang amanah para pendiri Kabupaten Pidie Jaya yang menginginkan lokasi pemerintahan harus dekat dengan jalan negara,” kata Sulaiman.
Mengenai pemilihan Cot Trieng sebagai pusat pemerintahan, Gade Salam meminta masyarakat sekitar untuk mendukung rencana tersebut. Pemkab Pidie Jaya, katanya, akan melakukan pembebasan tanah seluas 20 hektar, dan kebijakan tersebut tidak merugikan masyarakat.
“Pemerintah telah komit untuk membangun Cot Trieng sebagai pusat pemerintahan Pidie Jaya. Rencana tersebut sangat tergantung pada persetujuan dan dukungan masyarakat. Jika sampai bulan Maret ini tidak ada kejelasan dari masyarakat dalam arti ‘masih neko-neko’, pemerintah akan mencari lokasi lain,” kata Gade.
Imum Mukim Manyang, M Yusuf AR, mengaku gembira dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah memilih lokasi Cot Trieng sebagai pusat pemerintahan. “Kamoe seunang that karna Gampong kamoe jeut keu pusat pemerintahan Pidie Jaya,” kata Yusuf dengan logat Aceh yang kental.(fan)
Sumber: http://www.harian-aceh.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar