01 Desember, 2009

MTR terancam gagal di Pidie Jaya

ULEE GLE – Belum diperbaikinya tiga seuneulhop (bendungan) irigasi di Ulee Gle, kecamatan Bandar Dua, kabupaten Pidie Jaya, yang ambruk diterjang banjir beberapa waktu lalu, mengakibatkan Musim Tanam Rendengan (MTR) 2009/2010 terancam gagal.

Terkait kondisi ketiga unit irigasi tradisional (pedesaan) yang mengalami rusak total, menyebabkan para petani mengeluh karena lahan sawah mereka kering kerontong sehingga terancam gagal ditanami padi.

"Padahal, kami sudah siap-siap untuk turun ke sawah mengolah tanah dalam menghadapi MTR yang setahun sekali itu. Tapi, mengingat kondisi seuneulhop yang masih dibiarkan ambruk. Kami khawatir di tengah perjalanan musim tanam nanti lahan dan tanaman padi akan kekeringan, “ ungkap seorang tokoh tani, Mustafa, kepada Waspada, tadi malam.

Jika tidak segera mendapat perbaikan, katanya, hampir dapat dipastikan ribuan petani di wilayah yang selama ini mendapat suplai air dari bendungan tersebut, akan kehilangan mata pencaharian, dan rawan pangan pun akan bisa terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar